Tahapan Pilkada 2024 Dimulai, Bawaslu Bontang Siap Awasi

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Menjadi rutinitas Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bontang melaksanakan Apel dan Rapat internal setiap awal pekan.

Apel dan rapat internal rutin itu dipimpin langsung anggota Bawaslu Bontang, Ismail Usman, Senin (10/6/2024).

Dalam Apel, Ismail mengajak seluruh pengawas selalu bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas serta terus mengupgread diri dalam memahami aturan atau regulasi di setiap tahapan Pilkda maupun Pilgub.

Penguasaan aturan kepemiluan menjadi senjata utama bagi pengawas dalam memastikan setiap tahapan tidak terjadi dugaan pelanggaran.

“Kita semua harus paham aturan, karena itu menjadi alat tempur kita dalam melakukan pengawasan,” ucap Ismail.

Ismail mengingatkan, agar seluruh anggota juga menyiapkan tenaga extra menjelang verifikasi faktual (verfak) dalam tahapan pendaftaran calon perseorangan.

Pasalnya dalam verfak nanti, seluruh anggota pengawas akan turun kelapangan secara langsung melakukan pengawasan kelapangan.

“Tahapan saat ini yang masih berjalan adalah verifikasi administrasi data dukungan calon perseorangan. Kedepan kita masuk tahapan verfak. Di verfak nanti perlu tenaga ekstra karengan pengawasan kita langsung turun ke lapangan,” lugasnya.

Sementara Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas, Syahriah menambahkan, jika saat ini telah dibuka posko aduan untuk pencatutan nama data pendukung calon perseorangan.

Kata Syariah, keberadaan posko ini harus disebarluaskan ke masyarakat.

“Biar masyarakat tahu kalau ada posko pengaduan. Posko ini untuk memastikan agar tidak ada nama warga yang dicatut dalam data dukungan perseorangan,” bebernya.

Semua aduan nanti akan disampaikan ke KPU dalam bentuk surat saran perbaikan.

“Jadi nanti nama-nama tersebut akan di TMS kan. Posko ini juga sesuai perintah dari SE 82 tahun 2024,” tegasnya.

Diketahui sejauh ini telah ada 9 (Sembilan) daftar nama yang telah melakukan pengaduan di Posko aduan. Berikut daftar nama-namanya :

  1. Kiran Assyifa Safitri
  2. Muhammad Rizal
  3. Fatimah
  4. Sahmila
  5. Nurlaelah
  6. Suarni
  7. Hendriadi
  8. Rumani
  9. Febrina Wawonfatu

Posko aduan ini akan dibuka sampai tanggal 27 Juli 2024 nanti.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni.