Bawaslu Kota Bontang Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Sosialisasi Sukses Pilkada Serentak 2024

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Anggota Bawaslu Kota Bontang, Syahriah menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Meningkatkan Kewaspadaan Dini Dalam Rangka Mewujudkan Kondusifitas Daerah dan Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  (Bakesbangpol) Kota Bontang, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di BPU Kecamatan Bontang Barat ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber diantaranya adalah Bawaslu Kota Bontang dengan peserta Ketua RT Se-Kecmatan Bontang Barat.

Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dini,  memberikan pemahaman kepada peserta pentingnya kewaspadaan dini dan deteksi dini masyarakat untuk menangkal ancamaan, tantangan, hambatan dan gangguan sehingga pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 tidak terjadi konflik sosial ditengah kehidupan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan pihak Kesbangpol.

Sementara dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Syahriah terkait pentingnya peran partisipasi masyarakat dalam  upaya menciptakan Pilkada yang berintegritas, Bawaslu juga berperan penting dengan mengawasi seluruh tahapan Pilkada dan menindak tegas setiap pelanggaran yang terjadi.

“Perlu adanya kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga penyelenggara pemilu, dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan Pilkada 2024 yang bersih dari berbagai kecurangan,” jelas Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas tersebut.

Dijelaskan Syahriah, suksesnya Pilkada 2024 sangat bergantung pada peran aktif dan kepedulian masyarakat. Melalui kerja sama antara masyarakat, pemerintah, dan berbagai lembaga terkait. “Kita dapat menciptakan suasana yang damai dan berintegritas selama Pilkada,” pungkasnya.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni