Jelang Masa Tenang, Bawaslu Bontang Gelar Rakor Pencegahan dan Pengawasan

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Bawaslu Kota Bontang melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) guna persiapan pengawasan masa tenang pada pemilu 2024, di Ruang Rapat Kantor Bawaslu Bontang, Jumat (9/2/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Anggota Bawaslu Bontang, Ismail Usman ini turut dihadiri dari unsur Kepolisian, Kodim 09/08, Kejari Bontang, Kesbangpol, Satpol PP, KPU Bontang, Camat se-Kota Bontang dan Ketua Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang.

Dalam rakor tersebut, Ismail Usman membahas beberapa hal potensi masalah yang bisa muncul dalam masa tenang.

“Mengingat di masa tenang, potensi pelanggaran pasti besar. Makanya kita perlu pengawasan, karena tidak ada satupun aktivitas kampanye yang diperbolehkan,” ucap Ismail.

Setelahnya membahas terkait dengan persiapan penertiban Alat Peraga Kampnye (APK).

“Pada tanggal 11 pagi kami akan dilaksanakan Apel siaga, dan dilanjut dengan penertiban APK,” lanjutnya.

Sementara Syahria menambahkan, bahwa sebelumnya pihaknya juga sudah mengirimkan surat imbauan kepada Parpol serta peserta Pemilu.

Wakapolres Bontang mengatakan pada prinsipnya siap terkait keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat. “Pesta demokrasi marilah kita jalani dengan gembira, Jangan menimbulkan perpecahan. TNI dan Polri bersifat netral, semua kami suport demi terciptanya kondusifitas di Kota Bontang,”ujarnya

Dari perwakilan Satpol PP menyatakan kesiapannya terkait persiapan penertiban APK ini, dibahas juga saran terkait beberapa teknis dalam pelaksanaan penertiban.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni