Apel Siaga Persiapan Penertiban APK Pada  masa Tenang

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Menghadapi Masa Tenang pada tanggal 11 – 13 Februari 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bontang menggelar Apel Siaga di Halaman Kantor Bawaslu Kota Bontang, Sabtu (10/2/2024) malam.
Kegiatan yang diikuti oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Bontang, unsur Kepolisian, Satpol PP Kota Bontang, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang, Pengawas Kelurahan/Desa se- Kota Bontang serta Staf Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang ini dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, Hari Dermanto.

Ketua Bawaslu Provinsi Kaltim mengatakan bahwa apel ini dilaksankan untuk persiapan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang akan memasuki hari tenang, sebelum pemungutan dan penghitungan suara.

“Ini adalah kegiatan yang sering kita lakukan setiap tahapan, baik pemilu ataupun pilkada. Kita akan melakukan kegiatan penertiban APK dan malam ini pukul 00.01 Wita tanggal 11 artinya masa tenang sudah dimulai,” ujarnya.

Dijelaskan Hari, bahwa sebelumnya Bawaslu sudah mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu, baik itu Partai Politik, tim kemenangan Capres dan Cawapres, serta DPD, DPRD di daerah masing-masing.

“Bawaslu sudah mengirimkan imbauan untuk melakukan penertiban secara mandiri dalam hal penertiban tidak dilakukan maka kemudian kita mengambil peran untuk melakukan langkah penertiban,” jelas Hari.

Terakhir, penertiban akan menyisir jalanan protokol di Kota Bontang untuk memastikan seluruh APK untuk bisa diturunkan.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Bontang, Aldy Artrian meminta kepada semuab yang hadir untuk bergabung sesuai dengan tim yang sebelumnya telah ditentukan.

Sebagai informasi, penertiban APK ini akan dilanjutkan dipagi hari.

Penulis : Nur Fatin Wahyuni