Bawaslu Bontang Lantik 9 Anggota Panwaslu Kecamatan Untuk Pemilihan Tahun 2024

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bontang melaksanakan Pelantikan dan Sumpah Janji Anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kota Bontang untuk Pemilihan Tahun 2024, Jumat (24/5/2024) bertempat di Hotel Bintang Sintuk Bontang.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Wali Kota Bontang Basri Rase, Ketua dan Anggota Bawaslu Bontang, Jajaran Forkopimda atau yang mewakili, KPU Bontang, Camat se-Kota Bontang dan Media.

Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan penetapan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang untuk Pemilihan tahun 2024 yang dibacakan oleh Plt.Korsek Ridho Wirawan.

Prosesi acara pelantikan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar dan sumpah janji anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang oleh Ketua Bawaslu Bontang Aldy Artrian yang diikuti 9 (Sembilan) orang anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik. Dilanjutkan dengan acara pelantikan dan penandatanganan secara simbolis ikrar dan pakta integritas anggota Panwaslu Kecamatan dan Ketua Bawaslu Bontang.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Bontang, Aldy Artrian dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada semua anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang yang dilantik hari ini.

“Saya ucapkan selamat bagi rekan-rekan yang baru saja dilantik, sudah melewati proses yang cukup Panjang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Aldy menekankan pentingnya menjaga integritas dan profesionalitas.

“Pertama, Integritas. Ketika rekan-rekan sudah tidak menjaga integritas maka runtuhlah kepercayaan masyarakat. Kedua profesionalitas. Maka kerja mengawasi, bertugas dengan dasar, dengan pedoman karena kerja-kerja kita adalah kerja-kerja kelembagaan maka bekerjalah sesuai dengan khaidah dan ketentuan peraturan.” Lanjutnya.

Terakhir, Ia meminta untuk menyebarluaskan misi atau informasi tentang Lembaga Bawaslu. Sampaikan informasi yang baik, edukasi kepada publik bahwa Bawaslu hadir menjadi bagian dari fungsi pengawasan.

“Bangun komunikasi yang baik dengan stakeholder. Kami juga ucapkan terima kasih untuk pemerintah kota bontang, atas fasilitasi segala dukungan yang telah diberikan baik dalam proses pemilu kemarin dan pemilihan kedepan,” pungkasnya.

Senada dengan Ketua Bawaslu Bontang, Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan  bekerja itu harus berdasarkan norma dan khaidah serta peraturan yang berlaku. Harapannya KPU dan Bawaslu bekerja seadil dan sebaik-baiknya, jujur adil dan berintegritas.

“Kami pemerintah akan memberikan fasilitas tentunya sesuai peraturan perundang-undangan. Mari kita sambut pesta demokrasi ini secara suka cita, damai, dengan baik bukan dengan saling merendahkan atau menjatuhkan satu sama lain,” ujar Basri.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni