Bawaslu Kaltim Rapat Susun Strategi Pencegahan dalam Persiapkan Pemilu Serentak 2024

SAMARINDA, Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur – Mendekati tahapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 yang akan dimulai pada tanggal 14 Juli 2022, Anggota Bawaslu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung memimpin Rapat Koordinasi Peningkatan Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) bersama Bawaslu Kabupaten Kota se- Kaltim, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bawaslu Kaltim, Selasa (25/05/22).

Kegiatan Hubal yang telah dilakukan Bawaslu Provinsi Kaltim yakni roadshow ke instansi terkait dengan kepemiluan, akademik, universitas dan lembaga pemerintah terkait. Untuk itu Galeh menghimbau kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengambil contoh kegiatan tersebut.

“ Beberapa lembaga pemerintahan tersebut erat kaitannya dengan kegiatan Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota, Bawaslu harus mencari cara memperluas memaksimalkan peran organisasi masyarakat dan kepemudaan untuk memperkuat basic pengawasan partisipatif di Bawaslu Kabupaten/Kota dan di Bawaslu Provinsi Kaltim tentunya, " papar Galeh.

Galeh menyampaikan tidak ada alasan  untuk tidak melakukan kegiatan Hubal atau kegiatan pencegahan karena masih banyak potensi pelanggaran yang ada di Bawaslu Kabupaten/Kota. Salah satunya Bawaslu harus mencari cara untuk menekan adanya netralitas ASN.

" Salah satu trobosan yang telah dilakukan Bawaslu Provinsi Kaltim dengan melakukan kegiatan secara Zoom yang diikuti oleh ASN dari pemerintah Provinsi Kaltim sebagai upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran, " jelasnya.

Galeh berharap dalam waktu dekat ada kegiatan pencegahan dan Hubal yang sama dalam satu waktu di Kabupaten/Kota, sehingga terjadi keserentakan di Provinsi Kalimantan timur.

Dalam rapat yang diikuti oleh Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubal Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kaltim Masing-masing melakukan persentasi kegiatan pencegah dan hubungan antar Lembaga yang telah dilakukan dan rencana kegiatan.

Penulis : Ratna dewi