Gelar SKPP, Bawaslu Bentuk Kader yang Andal Proses Menuju Pemilu Lebih Baik

KABUPATEN PASER - Bawaslu Kaltim, Bawaslu Paser lakukan diskusi Pra- Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) di Kabupaten Paser secara daring yang di hadiri oleh 23 dari 25 peserta SKPP yang terdaftar, Selasa (22/06/21).

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota Bawaslu Kaltim Hari dermanto, Ketua Bawaslu Paser, Aprianto abdullah, Anggota Bawaslu Paser Fauzan dan Nur khamid.

Hari dermanto mengatakan SKPP  merupakan salah satu agenda Bawaslu untuk proses persiapan menuju pemilu yang lebih baik, pemilu yang semakin berkualitas.

Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kaltim ini menjelaskan menuju pemilu yang berkualitas memiliki banyak faktor, faktor subtansi yang berhubungan dengan ketentuan perundang undangan, faktor kebudayaan.

“ jika kebudayaan masyarakat atau kesadaran pemilih terhadap sistem maka yang terjadi pemilu kita akan mengarah ke pemilu yang mengikuti procedural. Jika kesadaran kulturalnya tinggi kita bisa memeperoleh pemilu yang substansial itu sangat dipengaruhi kesadaran publik atau kesadaran kita semua sebagai organ-oragan yang menyelenggarakan Pemilu itu sangat memepengaruhi kualitas pemilu, “ papar Hari lebih lanjut.

SKPP merupakan bagian dari upaya menciptakan masyarakat sipil, kader SKPP yang dikemudian hari atau saat ini memegang peranan dalam proses kesadaran masyarakat kesadaran publik dalam membangun demokrasi.

Kader SKPP akan menjadi aktor dimasa mendatang yang akan memepengaruhi demokratisasi.

“ proses di SKPP yang peserta jalani akan memantik, melahirkan pencerah-pencerah baru, melahirkan anak-anak muda yang kembali memikirkan bagaimana keberlanjutan bangsa dan negara ini karena bagaimanapun pemilu adalah proses regenerasi kekuasaan, regenarai kepemimpinan maka kelompok-kelompok muda terpelajar yang memiliki kesadaran harus menjadi tiang-tiang penopang, “ harap Hari dermanto.

Penulis : Yusuf