Kick Off SKPP 2021, Dimulai Dari Gresik.

Bontang, Bawaslu Kota Bontang – Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) akan dilaksanakan di 100 titik di Indonesia. Hari ini Selasa (15/06/2021) dimulai dari Gresik, Jawa Timur. Lalu berlanjut ke 100 daerah terpilih se-Indonesia. Pendaftar SKPP terhitung ebih dari 20 ribu. Setiap titik akan diikuti 100 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bawaslu Kota Bontang mengikuti pembukaan SKPP 2021 pertama di Gresik melalui virtual hybrid zoom meeting yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI. SKPP 2021 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia sesuai dengan zona SKPP masing masing yang telah ditentukan sebelumnya.

Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin pada pembukaan SKPP 2021 berharap SKPP dapat mewujudkan pemilu yang jujur, adil, dan partisipatif.  SKPP merupakan program prioritas nasional dan tentunya menambah kebaikan. Kebaikan yang dimaksud Afif yaitu, kolaborasi antara masyarakat dengan Bawaslu untuk membumikan nilai nilai pengawasan. Karena menurutnya pemilu bukan hanya tanggung jawab lembaga penyelenggara, akan tetapi seluruh masyarakat di Indonesia.

"Membicarakan pemilu adalah bagaimana semua bergerak melakukan kaderisasai pengawas pemilu dan melakukan pendidikan politik. Hari ini sangat penting bagi Bawaslu yang senantiasa menumbuhkan bibit-bibit kader pengawas sebanyak mungkin. Maka Bawaslu membumikan nilai pengawasan dengan mengadaptasi kearifan lokal,” tuturnya Afif.

Perlu diketahui pula, di Kalimantan Timur, SKPP 2021 dibagi menjadi 3 zona. Zona pertama yakni Kota Balikpapan, Kabupaten Paser Penajam Utara, dan Kabupaten Paser. Kemudian zona kedua yakni Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Selanjutnya, zona ketiga yakni Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang.

Bawaslu Kota Bontang dan Bawaslu Kabupaten Kutai Timur akan melaksanakan SKPP 2021 untuk Zona III di Hotel Grand Victory, Sangatta, pada tanggal 24 – 26 Juni 2021.

 

(Robby Renfly)