Skor 98,5, Bawaslu Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik untuk Kali Keempat

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu kembali meraih anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 kategori Lembaga Negara Nonstruktural terbaik dengan predikat informatif. Anugerah ini merupakan kali keempat setelah tahun lalu juga mendapatkan predikat informatif.

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin secara daring kepada Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro dari Istana Wapres Jakarta, Selasa (26/10/2021). Wapres berpesan agar badan publik yang telah mendapatkan predikat informatif untuk terus mengembangkan kualitas informasi yang lebih baik.

"Bagi yang sudah dapat predikat informatif, saya berpesan agar lebih mengembangkan kualitas informasinya," katanya.

Wapres meminta seluruh badan publik untuk terbuka atas kritik dan saran yang diberikan masyarakat kepadanya. Hal tersebut menurutnya sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi. "Untuk itu semua badan publik harus terbuka atas kritik dan saran dengan santun," tegas dia.

Dalam penghargaan tersebut, Bawaslu menerima penghargaan sebagai lembaga publik informatif dengan skor 98,5.

Perlu diketahui, upaya Bawaslu untuk meraih penghargaan ini tidaklah mudah. Berkaca pada anugerah serupa tahun 2015, Bawaslu mendapat predikat tidak informatif dengan hanya meraih skor 35,92. Lalu pada 2016 menjadi cukup informatif dengan skor 66,77, tahun 2017 Bawaslu kembali mendapat predikat cukup informatif dengan skor 79,05.

Barulah tahun 2018, predikat badan publik informatif diraih Bawaslu dengan skor 90,66, kemudian diikuti tahun 2019, 2020, dan saat ini. Dan pada Tahun 2021, predikat tersebut kembali disematkan kepada Bawaslu dengan skor 98,5.

Penulis: Rama Agusta

Editor: Ranap THS