SKPP Kaltim Gelombang Ketiga Dilaksanakan di Paser dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Paser, Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur – Sempat tertunda karena pandemi Covid-19, kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) kembali dilanjutkan di Kabupaten Paser, diikuti oleh Ketua, Anggota serta Kepala Sekretariat Bawaslu Kaltim.

Acara SKKP ini diikuti oleh 64 Peserta yang berasal dari tiga Kabupaten/Kota yaitu Balikpapan, Paser dan PPU. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, sebelum mengikuti rangkaian kegiatan SKPP peserta telah melakukan swab antigen.

Membuka kegiatan SKPP Ketua Bawaslu Kaltim, Saipul mengatakan “ Walaupun pemilu bukan menjadi instrumen tunggal demokrasi tetapi pemilu di Negara demokrasi itu menjadi penting untuk disukseskan yaitu Pemilu yang luhur  dan jurdil, kita semua berharap konten materi , masukan-masukan yang ada didalam SKPP ini  demikian menjadi penting.

Saipul menyampaikan, Bawaslu membuka diri terhadap evaluasi dari pihak luar terkait dengan kinerja Bawaslu selama ini, dengan beberapa evolusi yang terjadi Bawaslu Kaltim berharap menjadi bagian untuk mengsukseskan Pemilu dan Pilkada di Indonesia saat ini.

"SKPP menjadi salah satu ikhtiar dari Bawaslu untuk bisa mensosialisasikan menyampaikan kepada masyarakat terutama kelompok-kelompok potensial  yang mempunyai peran penting di masyarakat nantinya untuk menyampaikan bahwa pengawasan Pemilu atau Pilkada bukan hanya tugas dari lembaga seperti Bawaslu tetapi dalam situasi kondisi tingkat demokrasi yang lebih maju maka semua warga negara itu merasa dan mempunyai kewajiban atau perasaan mengambil peran yang sama untuk meyukseskannya," paparnya.

Koordinator Divisi SDMO Bawaslu Kaltim ini berharap kedepan pengawasan partisipatif bukan hanya digaungkan oleh Bawaslu saja, tetapi semua bagian yang pernah ada di SKPP, menjadi corong-corong atau simpul-simpul yang ikut menyampaikan kepada masyarakat bahwa Pemilu yang luhur dan jurdil itu memerlukan pengawasan atau peran pengawasan dari semua elemen dari bangsa kita ini.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua dan Anggota Bawaslu Balikpapan, Ketua dan Anggota Bawaslu Paser, Ketua dan Anggota Bawaslu Penajam Paser Utara, Tim Asisten Bawaslu RI, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, perwakilan Kapolres Paser, Kepala Kesbangpol Paser dan Ketua KPU Paser.

Dalam pembukaan acara tersebut juga dilakukan penyerahan atribut kepada perwakilan peserta SKPP sebagai simbol dimulainya SKKP di Paser.

 

Penulis : Yusuf