Saipul Ajak Mahasiswa Terlibat Dalam Proses Pemilu

SAMARINDA, Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur - Bawaslu Kaltim menggelar kegiatan Diseminasi Hasil Kajian Hukum Bawaslu Provinsi dan Kabupaten Kota Se- Kalimantan Timur "Urgensi Penataan Regulasi Pemilu dan Pemilihan 2024" bertempat di Hotel Swissbell Samarinda, Selasa (31/05/22).

Kegiatan yang berlangsung secara Luring dan Daring tersebut diikuti oleh Ketua Bawaslu Kaltim Saipul, Anggota Bawaslu Kaltim Muhammad Ramli, Komisioner Divisi Hukum Bawaslu Kabupaten/Kota Se- Kaltim, Staff Bawaslu Kaltim dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negri juga Swasta di Kota Samarinda dan dua Narasumber Fahmi Idris KPU Provinsi Kaltim dan Rosmini Dosen Fakultas Hukum Unmul.

Saipul menyampaikan dalam kegiatan ini Bawaslu mengundang hampir seluruh Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta di Kota Samarinda melihat pentingnya kegiatan ini.

" Bertujuan melakukan sosialisasi juga penyampaian kepada Masyarakat secara luas bahwa di Bawaslu Kaltim tidak ada kata istirahat, tidak ada kata rehat, di hampir setiap waktu kita melakukan hal-hal yang bertujuan untuk berkontribusi terhadap kepemiluan, " papar  Saipul.

Dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan pengawasan tahapan pemilu tahun 2024 yang sebentar lagi akan dimulai, Bawaslu Kaltim berharap  Mahasiswa menjadi bagian yang dilibatkan terlibat dalam proses pemilu

" Karena bangsa ini secara dinamis akan berkembang akan ber proses tentunya itu akan diperlukan generasi generasi untuk bisa mendukung memaksimalkan tujuan tersebut, " harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Saipul menjelaskan terkait kepemiluan, norma atau aturan Pemilu yang masih menyesuaikan dengan norma yang lama, Bawaslu akan melakukan diskusi bersama Mahasiswa yang bertujuan untuk membahas dan mengkritisi juga menyampaikan terkait dengan regulasi kepemiluan tahun 2024.

Iaa juga menyampaikan catatan sejarah Pilkada ditengah adanya Pandemi 2019 yang menjadi catatan khusus bagi penyelenggara pemilu.

Penulis : Ratna Dewi