Penguatan Kapasitas Teknis Pengawasan, Bawaslu Bontang Gelar Raker

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bontang menggelar Rapat Kerja Penguatan Kapasitas Teknis Pengawasan Bagi Panwas Kecamatan Se-Kota Bontang dan Kelembagaan pada Pilkada Tahun 2024, Jumat (28/6/2024) bertempat di Hotel Bintang Sintuk Bontang.

Kegiatan rapat kerja ini dilaksanakan dalam rangka penguatan Panwas Kecamatan dan Sekretariat Panwas Kecamatan se-Kota Bontang. Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Kota Bontang Aldy Artrian dalam sambutannya.

Selain itu, lanjut Aldy, pelaksanaan kegiatan rapat kerja teknis ini bertujuan untuk mewujudkan lembaga Panwas Kecamatan yang solid, dalam pelaksanaan fungsi serta wewenang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Mengingat tahapan Pilkada 2024 yang semakin krusial maka penguatan dan sinergitas antara komisioner dengan koordinator sekretariat beserta jajarannya sangat penting guna menunjang pelaksanaan pengawasan disetiap tahapan,” kata Aldy.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, turut dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur Galeh Akbar tanjung dan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Galeh Akbar Tanjung mengungkapkan bahwa saat ini Bawaslu Kabupaten/Kota sedang melaksanakan pengawasan kegiatan penghitungan ulang surat suara. ”Beberapa Kabupaten/Kota juga melaksanakan tahapan yang beririsan, yaitu tahapan verfak dan coklit, salah satunya Bawsalu Kota Bontang,” tutur Galeh.

Oleh sebab itu Galeh berharap Panwascam dan PKD melakukan pengawasan dengan cara membagi tugas dan waktu karena ada Alat Kerja yang harus segera diisi apabila telah melakukan pengawasan.

“Jangan lupa untuk mengisi AKP dan Form A, saat melakukan pengawasan,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa kegiatan raker ini juga menghadirkan dua Narasumber, dan peserta kegiatan yakni Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang, Kepala Sekretariat dan Bendahara Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni