Bawaslu Gelar Rakor Persiapan Pengawasan Pembentukan Pantarlih Pemilihan  Tahun 2024

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bontang berkomitmen akan mengawal proses pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sesuai dengan jadwal tahapan dan regulasi yang telah ditetapkan. 

Langkah ini dilakukan untuk memastikan setiap tahapan Pilkada Serentak 2024 itu, dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Hal tersebut disampaiakan oleh Ketua Bawaslu Bontang saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Panwaslu Kecamatan Se-Kota Bontang, Rabu (12/6/2024) di Ruang Rapat Kantor Bawaslu Bontang.

“Terkait Keputusan KPU Nomor 638 Tahun 2024 tentang perubahan kelima atas keputusan KPU Nomor 476 tahun 2022 tentang pedoman teksnis pembentukan badan adhoc penyelenggara pemilihan umum dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan wali kota dan wakil wali kota. Silakan informasi ini diteruskan segera kepada teman-teman PKD,” kata Aldy.

Koordinator Divisi SDMO tersebut menuturkan bahwa Rakor  ini menjadi bagian yang penting untuk memastikan jajaran pengawas ad hoc kita dapat memahami dan fokus pengawasan rekrutmen Pantarlih yang akan berlangsung dari 13 Juni hingga 24 Juni 2024.

“Pastika teman-teman PKD kita paham terkait teknis dalam melakukan pengawasan pembentukan pantarlih, memastikan bahwa pengumuman pembentukan pantarlih dipublikasikan oleh PPS di ruang publik,” jelasnya.

Di akhir, Aldy mengingatkan untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi bersama jajaran di kesekretariatan dan PKD guna memperlancar dan meningkatkan kapasitas serta kualitas dan kemapuan disetiap pengawasan tahapan pemilihan 2024,” pungkasnya.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni