Bawaslu Bontang Melaksanakan Sosialisasi AKP pada Tahapan Coklit

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Sosialisasi Alat Kerja Pengawasa (AKP) pada Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih, Pencocokkan Data   dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 dilaksananakan di Ruang Rapat Kantor Bawaslu Kota Bontang, Selasa (25/6/2024) yang dibuka langsung oleh Syahriah Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Bontang.

Syahriah menjelaskan tentang tata cara pengisian AKP yang harus diisi oleh Pengawasa Kelurahan/Desa (PKD) dan Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang saat turun langsung untuk melakukan pengawasan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih  Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Pelaksanan coklit dimulai pada tanggal 24 juni  hingga 24 Juli 2024,” ucapnya

Dijelaskannya, PKD tersebut akan bertugas melakukan pengawasan terhadap proses coklit yang dilakukan Pantarlih. Supaya pelaksanaan coklit berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Diakhir, Dirinya menegaskan apabila ada Pantarlih yang belum mengunjungi rumah-rumah tertentu, maka akan diberikan rekomendasi/saran perbaikan.

“Maka proses koordinasi dan komunikasi harus jalan antara Pantarlih dan PKD,” imbuhnya.

Penulis : Nur Fatin Wahyuni