Bawaslu Bontang, Awasi Tahapan Coklit Pilkada 2024

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Saat ini tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap Pemilih untuk Pilkada Tahun 2024 tengah berjalan dari tanggal 24 Juni sampai 24 Juli nanti.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Bontang Aldy Artrian menghadiri Apel Coklit serentak pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang. Selasa (25/6/2024) di Halaman Kantor KPU Bontang.

Pantarlih akan mendatangi setiap rumah-rumah, dan mendata, dalam masa itu, masyarakat diminta menyiapkan dokumen yang dapat digunakan sebagai dasar pendataan, seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), hingga Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Dalam hal ini Panwascam dan PKD akan melakukan pengawasan secara melekat terhadap proses tersebut dan dapat mencegah terjadinya dugaan pelanggaran yang tidak sesuai prosedur perundang-undangan pada proses Coklit data pemilih oleh Pantarlih.

Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Syahriah mengimbau masyarakat yang tidak terdata oleh Pantarlih atau memiliki kendala dalam proses pendataan bisa melapor ke Posko kawal hak pilih Bawaslu Kota Bontang atau dapat melaporkan kepada jajaran Panwascam dan PKD.

“Posko kawal hak pilih Bawaslu Bontang kami luncurkan pada tanggal 26 juni 2024 lalu, masyarakat yang memiliki kendala terkait hak pilih selama penyusunan daftar pemilih dapat melapor melalui posko kawal hak pilih di kantor maupun media sosial Bawaslu Bontang,” bebernya.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni