Bawaslu Bontang Gelar Rapat Evaluasi Coklit Pilkada 2024 Bersama Panwascam Se-Kota Bontang

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bontang melaksanakan Rapat Evaluasi Pengawasan Pencocokkan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, Selasa (9/7/2024) yang berlangsung di Kantor Bawaslu Bontang.

Diberitakan sebelumnya, bahwa tahapan Coklit sudah dimulai sejak tanggal 24 Juni  2024 terhitung sudah kurang lebih dua minggu proses pelaksanaan Coklit berjalan.

Ketua Bawaslu Bontang Aldy Artrian mengatakan alasan rapat evaluasi ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui kendala dan masalah apa saja yang ditemui saat melakukan pengawasan Coklit di lapangan.

“Kami di sini tentu butuh informasi, butuh inventaris, identifikasi temuan-temuan yang ada di lapangan pada saat coklit,” ucap Aldy.

Dalam rapat ini, berbagai isu terkait data pemilih dibahas secara mendalam, termasuk potensi masalah dan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan tersebut. Aldy juga menggarisbawahi pentingnya pencegahan dini terhadap berbagai bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses coklit.

Sementara itu, Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Syahriah menjelaskan rapat evaluasi ini juga sebagai  langkah yang bisa dilakukan mengenai hal-hal yang sudah terjadi beberapa hari masa coklit  kemarin dan bisa mengambil solusi untuk kendala atau persoalan yang ditemui di lapangan.

“Evaluasi dilakukan ditengah proses masa coklit adalah sebagai ruang koreksi, sehingga selanjutnya apa yang perlu dibenahi maka akan diperbaiki,” jelasnya.

Diakhir, Syahriah mengingatkan untuk mengisi taplink dan form a online saat melakukan pengawasan serta menjalalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan rekan kerja yang lain.

Sebagai informasi kegiatan rapat evaluasi ini mengundang Ketua dan anggota Panwaslu Kecmatan dan Staf HPPH Panwaslu Kecmatan se-Kota Bontang.

 

Penulis : Nur Fatin Wahyuni