Anggota Bawaslu Kaltim Hadiri Rapat Koordinasi Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tingkat Provinsi Kaltim

SAMARINDA - Bawaslu Kaltim, Anggota Bawaslu Kaltim, Muhammad Ramli dan Hari Dermanto hadiri Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tingkat Provinsi Kaltim, bertempat di Aula Kantor KPU Kaltim, Rabu (23/06/21).

Rapat dipimpin oleh Rudiansyah Ketua KPU Kaltim, Anggota KPU Kaltim iffah Rosita, mukhasan ajib, Fahmi Idris, Suwandi dan Kasek KPU Kaltim.

Peserta yang hadir dari Bawaslu Kaltim, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A), Polda Kaltim Korem 091/ASN, Pengadilan Tinggi Kaltim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Partai Politik yg hadir PDIP, PKS, Gerindra, Nasdem, Demokrat.

Selain melalui tatap muka rapat koordinasi juga dilakukan secara Zoom Meeting atau daring bersama KPU Kabupaten/Kota.

Pemutahiran data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbarui data pemilih, seperti menambahkan pemilih yg belum di daftar, pemilih yg sudah tidak memenuhi syarat dan perubahan elemen data pemilih Kabupaten/Kota secara secara berkelanjutan.

Daftar pemilih ini juga digunakan untuk pemilihan Kepala Desa. Rakor PDPB tingkat provinsi dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Rakor PDPB tingkat kab/kota dilaksanakan tiga bulan sekali. Diharapkan kualitas data pemilih semakin baik.

Penulis : Jabarudin