Hadiri Rakor PDPB, Agus Susanto Sampaikan Potensi Masalah.

Bontang, Bawaslu Kota Bontang – Anggota Bawaslu Kota Bontang Agus Susanto menghadiri undangan rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan  (PDPB) tahun 2021 yang dilaksanakan oleh KPU Bontang di ruang rapat Husni Kamil Manik, Rabu (16/06/21). Selain Bawaslu rapat tersebut juga dihadiri oleh Polres, Kodim 0908, Bakesbangpol, Dinas Perkim dan Pertanahan, Disdukcapil serta Camat se Kota Bontang dengan memperhatikan  dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih di Kota Bontang guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada Pemilu dan Pemilihan tahun 2024. Kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan akan dilakukan setiap bulan berdasarkan ketentuan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

KPU Bontang dalam rakor tersebut menyampaikan, untuk hasil rekapitulasi data pemilih berkelanjutan pada bulan April sebanyak 122.559 pemilih dengan rincian 63.335 pemilih laki-laki dan 59.224 pemilih perempuan. Sedangkan untuk hasil rekapitulasi data pemilih berkelanjutan pada bulan Mei sebanyak  120.729  pemilih dengan rincian 62.331 pemilih laki-laki dan 58.398 pemilih perempuan.

Anggota Bawaslu Bontang Agus Susanto dalam kesempatannya menyampaikan dalam konteks pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini, Bawaslu Bontang melakukan pengawasan melekat dengan sinkronisasi data yang juga dihimpun dari instansi terkait.

“Tujuan dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini adalah untuk memperbarui data pemilih pada Pemilu 2024 dan kami juga berharap apa yang telah dilakukan KPU ini nanti bisa meminimalisir tidak terdatanya pemilih yang memenuhi syarat dan memiliki hak sesuai peraturan,” bebernya.

Bawaslu Bontang dan KPU akan tetap selalu berkoordinasi terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Kota Bontang. KPU akan menyampaikan hasil hasil PDPB 2021 kepada stakeholder demi pencapaian data pemilih yang baik pada Pemilu maupun Pemilihan di tahun 2024.

 

Penulis : Robby Renfly