KPU Buka Kotak Suara, Bawaslu Bontang Lakukan Pengawasan Melekat

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Bawaslu Bontang melakukan pengawasan melekat terhadap pembukaan kotak suara hasil Pilkada 2020 oleh KPU Bontang. Pembukaan kotak suara dimaksudkan untuk mengambil data sebagai bahan evaluasi. Hal itu sesuai dengan perintah KPU Republik Indonesia kepada seluruh penyelenggara kabupaten/kota.

Pengawasan pembukaan kotak suara di Gudang Logistik KPU Bontang dilakukan sejak Kamis (18/3) hingga Jumat (19/3), kemudian dilanjutkan kembali pada Senin (22/3).

Adapun dokumen yang diambil berupa formulir model-C daftar pemilih, model-C daftar pemilih pindahan dan model-C daftar hadir pemilih tambahan. Setelah dokumen yang diperlukan diambil, petugas KPU Bontang melakukan scan dokumen tersebut.

“Pengawasan dilakukan jajaran kami secara berjadwal. Pengawasan melekat dilakukan mulai dari dibukanya kotak suara, pengambilan formulir, scanning dokumen, sampai dokumen tersebut dimasukkan kembali ke dalam kotak suara dan dikunci menggunakan cable ties,” ungkap Kordiv Pengawasan Bawaslu Bontang Agus Susanto yang turut mengawasi langsung pembukaan kotak suara.

Untuk Berita Acara pembukaan kotak suara, pihak KPU Bontang menyatakan akan menyampaikan Berita Acara tersebut kepada Bawaslu Bontang.

Penulis: Ramla Ali