Ketua Bawaslu Bontang Tegaskan Sikap Kehati-hatian terkait Pengambilan Data untuk Evaluasi Pilkada 2020

BONTANG, Bawaslu Kota Bontang – Nasrullah, Ketua Bawaslu Bontang hadiri Rapat Koordinasi terkait Pengambilan Data untuk Keperluan Evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 di ruang rapat Husni Kamil Manik KPU Bontang, Rabu (17/3) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Nasrullah meminta kepada KPU untuk menjelaskan history terbitnya surat edaran KPU perihal pengambilan data untuk keperluan evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2020. “Penjelasan harus tersampaikan dengan maksimal agar tidak menimbulkan itikad negatif yang bisa disematkan kepada kita sebagai lembaga non struktural maupun lembaga lainnya. Jangan sampai salah melangkah sehingga dapat disalahkan oleh berbagai pihak,” tuturnya.

Kemudian ia juga menanyakan terkait keterlibatan partai pengusung pasangan calon. “Tahapan Pilkada Bontang belum usai. Terakhir adalah pelantikan. Mengapa tidak melibatkan partai pengusung kedua paslon walaupun sudah ditetapkan menjadi pasangan terpilih? Hal ini penting karena partai pengusung punya kontribusi pada pelaksanaan Pilkada 2020. Menjadi catatan adalah jangan sampai ini menjadi tembakan kepada penyelenggara teknis, karena tahapan belum selesai,” terang Nasrullah.

Menutup penyampaiannya, Kordiv SDMO Bawaslu Bontang itu menegaskan, beberapa hal tersebut merupakan sikap kehati-hatian dari Bawaslu Bontang dalam menyikapi pembukaan kotak suara untuk pengambilan data sebagai keperluan evaluasi yang akan dilakukan oleh KPU.

Kontributor: Agus Widodo

Penulis: Ramla Ali