30 Kader Ikuti SKPP Tingkat Menengah Sumsel

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Sumsel menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Menengah 2021. Sebanyak 30 peserta mengikuti proses pembelajaran selama lima hari sejak Kamis (21/10/2021) hingga Senin (25/10/2021) di Palembang.

Dalam acara pembukaan pada Kamis (21/10/2021) malam, Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto menjelaskan SKPP adalah upaya transfer pengetahuan dan menumbuhkan kader-kader. "Semakin banyak yang ikut sekolah kader akan semakin baik kualitas demokrasi dan kualitas penyelenggaran pemilu serta pemilihan," jelas Iin.

Ia juga menuturkan adanya SKPP menunjukkan bahwa Bawaslu tetap eksis meskipun tidak ada tahapan pemilu dan pemilihan. "Di masa tidak ada tahapan ini, kami melaksanaan kerja-kerja semacam sosialisasi yang meningkatkan kualitas untuk mengetahui lebih lanjut tentang kepemiluan. Berharap nantinya saat sudah ada tahapan dapat sama-sama mengawal demokrasi," tuturnya.

Hal ini diapresiasi Gubernur Sumatera Selatan yang disampaikan melalui sambutannya oleh Kepala Kesbangpol Sumatera Selatan, Kurniawan. "Kami mengapresiasi kinerja dan keseriusan yang dilakukan Bawaslu atas pelaksanaan SKPP sebagai suatu wadah untuk melibatkan peran masyarakat dalam mensukseskan pesta demokrasi," ujarnya.

Sementara Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin berharap program semacam ini tidak hanya dilakukan oleh Bawaslu melainkan juga berbagai pihak agar terciptanya pemilu yang lebih baik.

"Program semacam ini diharapkan dapat dilakukan berbagai pihak untuk melahirkan benih-benih pengawasan pemilu dan benih-benih pegiat demokrasi yang akan mengawal pemilu di negeri ini, terang Afif.

Ia juga mengatakan, melalui SKPP ini, Bawaslu ingin banyak orang tahu tentang pengawasan pemilu agar semakin banyak orang tahu apa yang dibolehkan dan tidak dibolehkan dalam pemilu.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Ketua KPU Sumsel Amran Muslimin, Sekretaris Pengadilan Tinggi Sumsel Reno Sugiarto, As.Intel Pangdam II Sriwijaya Kolonel Frans, serta seluruh Anggota Bawaslu Sumsel. Hadir sebagai narasumber Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini serta Direktur Net Grit Ferry Rizki Kurniansyah.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Muhammad Maulana Mizan (Humas Bawaslu Sumsel)