Dewi Anggap Peserta SKPP Garda Terdepan Dalam Pengawasan Pemilu Serentak 2024

Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu, Ratna Dwi Pettalolo ingin kader Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) menjadi simbol pengawas dan garda terdepan dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Hal tersebut disampaikan saat membuka SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 di Serang, Kota Serang, Provinsi Banten, Kamis (23/9/2021).

“Kader SKPP tidak hanya sekadar datang untuk menyosialisasikan pengawasan pemilu kepada masyarakat, tetapi juga terlibat langsung dalam mengawasi tahapan pemilu,” ungkapnya.

Wanita kelahiran Palu Sulawesi Tengah ini mengakui Bawaslu tidak bisa berdiri sendiri dalam melakukan pengawasan pesta demokrasi. Maka Bawaslu sangat membutuhkan dukungan kaum pemuda pemilih yang memiliki idealisme yang berkualitas untuk membantu menjaga kedaulatan pengawasan pemilu di Indonesia.

“Penyelenggara pemilu dan pilkada yang jujur, adil dan berkualitas ditentukan oleh salah satunya kaum muda yang terdiri dari mahasiswa, pemuda dan organisasi kemahasiswaan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih mengatakan, dalam kegiatan SKPP ini terdapat materi yang meliputi pengawasan pemilu dan pilkada. Semua peserta diharapkan mampu menyerap ilmu yang disampaikan oleh para narasumber.

“Harapan yang harus dipikul oleh peserta SKPP sangat besar. Karena pengalaman ini tidak semua mendapatkan,” terangnya.

Ketua Bawaslu Kota Serang Faridi menuturkan, SKPP di Provinsi Banten diselenggarakan di titik Kota Serang dan Kota Tangerang. Kegiatan ini tetap dalam menjalankan protokol kesehatan dengan menyediakan Rapid Antigen untuk para peserta SKPP di Kota Serang.

Pembukaan SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 ini di titik Kota Serang diikuti oleh 80 peserta dari 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Editor : Hendi Purnawan

Teks dan Foto : Bawaslu Provinsi Banten