Bawaslu Bontang Ikuti Rapat Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data dan Pelayanan Informasi Publik

Samarinda, Bawaslu Kota Bontang – Anggota Bawaslu Bontang, Nasrullah, mengikuti rangkaian kegiatan dalam Rapat Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data dan Pelayanan Informasi Publik dan Peluncuran Aplikasi Layanan PPID Berbasis Android yang diselenggarakan Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur di Swiss-BelHotel Borneo, Samarinda, selama tiga hari pada Selasa (21/09) sampai Kamis (23/09).

Pada kegiatan rapat yang diikuti Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur itu dihadiri pula Tenaga Ahli Bidang Humas dan Datin Bawaslu Republik Indonesia (RI), Sulastio. Sulastio menjelaskan terkait transisi pengelolaan PPID pada Bawaslu RI yang sebelumnya dibawah kehumasan beralih ke data dan informasi di tahun 2020 lalu.

Ia mengingatkan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota, walaupun tidak adanya tahapan Pemilu maupun Pilkada di tahun 2021 ini, namun pada tahun 2022 tahapan pemilihan akan segera mulai berjalan. Tentu, tambahnya, diperlukan adanya penyusunan grafik permohonan informasi pada awal tahapan.

Anggota Bawaslu Bontang, Nasrullah, yang mengikuti kegiatan rapat tersebut menyampaikan, pelayanan informasi publik di Bawaslu Kota Bontang telalu dilakukan sinkronisasi untuk kemudian disampaikan kepada Bawaslu Provinsi setiap 6 bulan agar dapat ditindaklanjuti.

“Kami selalu menyampaikan laporan kepada Bawaslu Kaltim terkait laporan yang berkaitan dengan pengelolaan data serta pelayanan informasi publik, agar dapat diketahui dan ditindaklanjuti sebagai hasil kinerja yang dilakukan oleh Bawaslu Bontang,” ungkap pria kelahiran Lamongan tersebut.

Ditambahkan pula olehnya, dalam hal pelayanan informasi di Bawalsu Bontang, setiap jajaran yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja), selalu meng-update hal-hal terkait informasi publik demi menjaga eksistensi Bawaslu Bontang.

Penulis : Robby Renfly

Foto : Ahmad Rifanny (Bawaslu Kaltim)