SKPP di Paser, JPPR Optimis Melalui Pengawasan Bawaslu Bisa Dorong Tingkat Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan

Paser, Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur – Bawaslu Kembali menggelar kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) yang berlangsung selama tiga hari di Kabupaten Paser dari tanggal 06 sampai dengan 08 September 2021. Dimana kegiatan ini merupakan satu program prioritas nasional yang menopang visi misi presiden. sedikitnya di 300 titik dan di dalam pelaksanaannya tidak hanya lembaga pengawas pemilu yang berperan, Kantor Kepresidenan dan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) pun ikut terlibat.

Kegiatan SKPP pada hari pertama diisi oleh pemateri Muhammad Hanif Alusi yang merupakan Deputi Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), pada materinya iaa menjelaskan  terkait partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

Hanif menjelaskan terkait tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu yang terlihat pada hari pemilihan. Partisipasi masyarakat tersebut bisa ditingkatkan dengan peran pengawasan Bawaslu dari tahap pra pemilihan, hari pemilihan berlangsung hingga pasca pemilihan.

Harus ditanamkan bahwa pengawasan tidak hanya pada saat hari pemungutan tetapi pada saat sebelum pemilihan, “ Mungkin ketika peserta Pemilu atau peserta Pilkada itu melakukan pendaftaran bahkan ketika juga KPU dan Bawaslu melakukan rekuitmen panitia pemungutan juga melakukan pengawasan, takutnya ada calon titipan dari peserta pemilu, ” papar Hanif.

Ia menjelaskan juga terkait tujuan JPPR yaitu memeberikan edukasi terkait pendidikan politik yang sangat dibutuhkan masyarakat.

 

Penulis : Yusuf