Buku “Kajian Evaluatif Penanganan Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020” Jadi Kolaborasi Jajaran Bawaslu Se-Indonesia Hadapi Pemilu 2024

Samarinda, Bawaslu Kaltim - Bawaslu Republik Indonesia menyelenggarakan peluncuran buku “Kajian Evaluatif Penanganan Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020” di gedung Bawaslu Thamrin Nomor 14, Jakarta, pada Kamis, (26/08/2021). Peluncuran tersebut digelar secara terbuka untuk umum dan disiarkan langsung melalui channel Youtube Bawaslu RI. Turut hadir jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Agenda akbar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-76, serta upaya membangun demokrasi yang berkualitas. Peluncuran Buku digelar dengan diskusi interaktif mengundang  Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sebagai narasumber.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Bawaslu RI, Abhan. Ia menyampaikan ungkapan apresiasi, terhadap Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dan jajaran pengawas tingkat ad hoc, “Dalam kesempatan ini kita patut menyampaian apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Bawaslu hingga tingkat ad hoc, atas kerja-kerja merekalah sehingga Pilkada 2020 bisa berjalan.” kata Abhan.

Berikutnya Abhan menambahkan, “Secara khusus diucapkan apresiasi kepada divisi penanganan pelanggaran, yang dipimpin oleh Ibu Dr. Ratna Dewi Pettalolo atas kinerja penanganan pelanggaran dan tentunya ini merupakan hasil kerjasama secara kolektif kolegial. Semoga buku ini dapat menambah khazanah ilmu di dalam penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, dan ini merupakan bagian dari bagian pertanggungjawaban publik bawaslu kepada masyarakat. ”

Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai isi buku oleh Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo, membahas seluk-beluk mengenai pengalaman perhelatan Pilkada 2020 yang disusun berdasarkan hasil pengkajian komprehensif berbasiskan data yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, Ebin Marwi yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan dukungannya secara kelembagaan terkait peluncuran buku tersebut. Ia mengatakan, “Kami dari Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diluncurkannya buku terbitan Bawaslu RI ini, tentunya buku ini akan menjadi bekal yang penting dalam menyambut Pemilu maupun Pemilihan yang akan datang baik dari sisi regulasi maupun teknis,” ungkap Ebin saat dikonfirmasi melalui pesan teks Whatsapp pada Kamis, (26/08/2021).

Kemudian dirinya menambahkan, “saya berharap buku ini akan bermanfaat luas baik di kalangan penyelenggara, stake holder dan terutama bagi masyarakat, dengan adanya buku ini akan menambah pemahaman serta tingkat partisipasi masyarakat dalam rangka mewujudkan pemilu yang demokratis, ” tutup Ebin.

 

Penulis : Khadijah