Bawaslu Harap Kader SKPP Mampu Bangun Kesadaran masyarakat Demi Pemilu Substansial

PASER - Bawaslu Kaltim, Anggota Bawaslu Kaltim, Hari Dermanto sebut pemilu dapat dikatakan berkualitas tergantung tingkat kesadaran budaya masyarakat sipil. Oleh sebab itu, ia berharap kepada peserta Sekolah Dasar Pengawas Partisipatif (SKPP) Kabupaten Paser mampu membangun keseimbangan dalam sistem, terutama penguatan masyarakat sipil.

“Jika kesadaran pemilih masyarakat rendah terhadap sistem maka yang terjadi kita akan mengarah pemilu yang lebih prosedural. Jika kesadaran masyarakat tinggi kita akan memperoleh pemilu yang subtansial. Harapan kami kader-kader SKPP mampu menjadi aktor-aktor atau memegang peranan untuk mempengaruhi kesadaran masyarakat dan kesadaran politik,” kata Hari Dermanto saat isi sambutan pra-SKPP di Bawaslu Paser, Selasa (22/06/2021) kemarin.

Lebih lanjut, Hari Dermanto mengatakan bahwa peran SKPP dalam penguatan kesadaran masyarakat selain demi pemilu substansial adalah upaya untuk meminimalisir keberlangsungan kekuasaan tirani dan sikap anarki, maka dari itu ia tekankan kader SKPP dapat menyeimbangkan kedua hal tersebut.

“Culture masyarakat itu akan sangat mempengaruhi kekuasaan yang akan memimpin. Jika kekuasaan mengungat namun masyarakat secara cultural lemah maka yang lahir adalah tirani. Jika masyarakat itu kuat namun struktur kekuasaan lemah maka akan lahir anarki. Selain kita harus membangun peran masyarakat secara bersamaan kita juga harus mendorong terjadinya budaya keseimbangan antara kekuasaan dan masyarakat,” ujarnya.

Penulis : Yudi syahputra